ANALISIS UPAYA UNESCO DALAM MENGATASI DISKRIMINASI HAK PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN DI AFGHANISTAN

Penulis

  • Celwin Desvino Halim Universitas Sumatera Utara
  • Suhaidi Universitas Sumatera Utara
  • Fajar Khaify Rizky Universitas Sumatera Utara

Kata Kunci:

Upaya UNESCO, Diskriminasi, Hak Pendidikan bagi Perempuan di Afghanistan

Abstrak

Sudah 20 tahun lamanya UNESCO berjuang dalam meningkatkan akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan. Namun semenjak Afghanistan dikudeta oleh Taliban, akses pendidikan bagi perempuan langsung ditutup karena dianggap bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Kebijakan Taliban yang konservatif ini berdampak terhadap jutaan siswi dikeluarkan dari satuan pendidikan menengah dan ratusan ribu mahasiswi dilarang berkuliah. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kronologis Taliban dalam melarang akses pendidikan bagi siswi dan mahasiswi serta upaya UNESCO dalam mengatasi diskriminasi hak pendidikan bagi perempuan di Afghanistan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, studi kepustakaan, dan analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa penutupan akses pendidikan bagi siswi dan mahasiswi dilatar belakangi oleh keinginan Taliban untuk mewujudkan pemurnian Islam di Afghanistan dan memandang perempuan adalah bagian dari pemurnian agama, sehingga perempuan sangat diawasi dan dilakukan kontrol ketat terhadap kehidupan mereka, yang salah satunya dengan melarang pendidikan bagi perempuan demi terlaksananya pemurnian agama di Afghanistan. Upaya yang dilakukan UNESCO adalah mengaktifkan Multi-Country Preparedness and Response Plan di Afghanistan yang salah satunya adalah mengadakan kelas literasi di seluruh Afghanistan, dan membuka peluang untuk berkomunikasi dengan Taliban berdasarkan keputusan 104 EX/Decision 3.3 of the Executive Board.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30