PENGARUH KAMPANYE DIGITAL TERHADAP PREFERENSI PEMILIH GEN Z DAN MILLENIAL PADA PILKADA PILBUP KABUPATEN PASURUAN 2024

Penulis

  • Munadiyatul Khoiroh Universitas PGRI Wiranegara
  • Daryono Universitas PGRI Wiranegara

Kata Kunci:

Kampanye Digital, Preferensi Pemilih, Pilkada

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kampanye digital terhadap preferensi pemilih, khususnya dari kalangan Generasi Z (17–27 tahun) dan Milenial (28–43 tahun) di Desa Kalirejo pada Pilbup 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh percepatan perubahan di era digital yang tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat, namun juga memberikan dampak signifikan dalam ranah politik, terutama dalam komunikasi politik. Media digital, seperti media sosial, kini menjadi sarana utama dalam pelaksanaan kampanye politik ketika menjelang Pemilihan salah satunya dalam Pilkada 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kampanye digital yang dilakukan oleh calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Pasuruan pada Pilkada 2024 berpengaruh terhadap preferensi pemilih masyarakat Desa Kalirejo, khususnya dari kalangan generasi Z dan milenial. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 69 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) serta uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (Sig. 0,196 > 0,05) dan homogen. Uji regresi menghasilkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti kampanye digital memiliki pengaruh signifikan terhadap preferensi pemilih. Temuan ini mengindikasikan bahwa kampanye digital, terutama melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan WhatsApp, efektif dalam membentuk preferensi politik para generasi gen Z dan millenial di desa Kalirejo.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30